Workshop Kekreatifitasan dan Kewirausahaan

 
Semakin ketatnya persaingan dalam berbagai bidang, khususnya dalam pekerjaan ketika mahasiswa teknik industri telah lulus dari bangku kuliah. Hal ini memberikan pengaruh bagi mahasiswa teknik industri untuk menigikuti dan mempelajari perkembangan tersebut. Hal ini berkaitan dengan tuntutan dari persaingan global yang ada di dunia industri, baik industri manufaktur maupun industry-industri jasa yang mengharuskan seorang lulusan teknik industri tidak hanya memiliki skill yang hebat dalam teori tetapi harus diimbangi dengan  skill tambahan yang mumpuni. Salah satunya adalah skill kewirausahaan dan organisasi (kemampuan bekerja dalam satu tim).
Kemampuan kewirausahaan dan berorganisasi perlu dimiliki oleh lulusan teknik industri, karena ketika terjun langsung dalam dunia industri, ada dua komponen utama yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Dua komponen tersebut adalah alat dan user (manusia). Ketika bekerja dengan peralatan (mesin), maka kemampuan  (skill) ilmu teoritis yang digunakan untuk bekerja (mengendalikan mesin. Akan tetapi ketika kita bekerja dengan manusia lain Organisasi), maka tidak hanya kemampuan teoritis yang kita perlukan tetapi ada kemampuan tambahan yang kita butuhkan.


Melihat keadaan yang seperti itu, sehingga Teknik Industri UTY mengadakan workshop kekreatifitasan dan kewirausahaan. kegiatan yang diadakan pada tanggal 3 desember 2011 itu berjalan dengan lancar. Dan mampu menumbuhkan bakat peserta dalam skill kewirausahaan dan pengetahuan tentang kekreatifitasan membuat produk ( deterjen dan shampo mobil ). Skill kewirausahaan di  kembang tumbuhkan dengan cara tiap peserta yang telah di bagi kedalam kelompok di haruskan untuk mempromosikan produk yang telah dibuat sendiri. Hal ini tentunya akan merangsang insting marketing ( pemasar ) dalam jiwa peserta.

Tidak ada komentar: